728x90 AdSpace

Iklan
LiputanBerita. Gambar tema oleh i-bob. Diberdayakan oleh Blogger.
Info Dewasa
Senin, 30 Juli 2018

Diet Khusus Untuk Penderita Asam Lambung


LiputanBerita -  Sakit lambung atau penyakit asam lambung (Gastroesophageal Reflux Disease (GERD)) disebabkan karena naiknya asam lambung menuju kerongkongan. 

Ketika asam lambung naik, perut akan terasa nyeri dan terkadang menyebabkan kembung serta rasa parno bagi sebagian orang.

Namun, ada kabar baik bagi orang yang sakit asam lambung. Anda tetap bisa diet. Dalam acara simposium “The Role of Nutrition in The Prevention and Treatment of Obesity”, Head of Medical Marketing Kalbe Nutritionals, Muliaman Mansyur menjelaskan diet amannya.

“Orang yang sakit lambung boleh diet kok. Yang pasti, pemberian snack (camilan ringan) harus diperhatikan,” jelas Muliaman saat ditemui di Hotel Aryaduta, Jakarta, Minggu (29/7/2018).

Jadwal pemberian snack, yakni di antara jam makan besar. Dalam sehari bisa lima kali pemberian snack dilakukan. Upaya ini mencegah asam lambung tidak naik.

Makan tiga kali sehari

Muliaman juga menjelaskan, trik mencegah obesitas (kelebihan berat badan). Trik ini pun berlaku bagi orang yang sakit asam lambung.

“Jaga kalori tetap terkontrol. Prinsipnya makan tiga kali sehari. Sarapan, makan siang, dan makan malam. Kalau tidak bisa makan malam, boleh ditarik lebih cepat dengan makan sore,” ujar Muliaman.

Ketercukupan gizi makan perlu diperhatikan. Kebutuhan karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral harus seimbang. Hindari makanan yang mengandung gas seperti makanan pedas dan asam.

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Diet Khusus Untuk Penderita Asam Lambung Rating: 5 Reviewed By: Liputan Berita