728x90 AdSpace

Iklan
LiputanBerita. Gambar tema oleh i-bob. Diberdayakan oleh Blogger.
Info Dewasa
Minggu, 30 September 2018

832 Korban Tsunami Palu Meninggal, 60 Penghuni Hotel Masih Tertimbun


LiputanBerita -  Korban tsunami Palu terus bertambah. Hingga Minggu siang (30/9) jumlah korban jiwa sebanyak 832 orang.

“Kota Palu 821 orang dan di Kabupaten Donggala 11 orang,” kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho di kantornya, Pramuka, Jakarta, Minggu, (30/9) seperti dilansir JawaPos.com.

Dia menerangkan, penyebab korban meninggal dunia karena tertimpa bangunan yang roboh saat gempa dan juga akibat diterjang tsunami. Korban meninggal dunia tersebut segera dimakamkan secara masal, hari ini.

Hal tersebut dilakukan dengan pertimbangan kesehatan bagi korban yang masih hidup. “Korban yang meninggal dimakamkan tadi setelah diidentifikasi baik melalui DVI, sidik jari dan sebagainya,” beber Sutopo.

Untuk korban luka-luka sementara datanya masih sama dengan data kemarin, yakni sebanyak 540 orang. 

Tak menutup kemungkinan, data korban meninggal dunia dan luka-luka akan terus bertambah mengingat masih banyak korban yang diduga tertimbun reruntuhan.

“Kemudian masih banyak daerah-daerah yang belum dijangkau oleh tim SAR gabungan, itu yang menyebabkan jumlah korban kemungkinan akan terus bertambah,” kata Sutopo.


Bangunan Mako Direktorat Lantas Polda Sulteng mengalami kerusakan parah. POJOKSULSEL/IST

Menurut Sutopo, korban jiwa diperkirakan akan bertambah. Sebab, ada 60 orang diduga masih tertimbun reruntuhan bangunan di Hotel Roa-Roa, Palu pada Jumat (28/9).

“Tim Basarnas dan SAR fokus cari korban di Kota Palu yakni di Hotel Roa Roa, hotelnya runtuh. Diperkirakan ada 60 orang tertimbun reruntuhan hotel tersebut,” katanya.


Bangunan Mako Direktorat Lantas Polda Sulteng mengalami kerusakan parah. POJOKSULSEL/IST

Selain itu, sulitnya akses masuk kendaraan membuat proses evakuasi terhambat. Ditambah jaringan listrik yang masih padam.

“Banyak kendala seperti komunikasi terbatas, alat berat terbatas, listrik masih padam. Alat berat kita kerahkan dari Kota Palu tapi tak mencukupi dibandingkan bangunan roboh,” ujar Sutopo.

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: 832 Korban Tsunami Palu Meninggal, 60 Penghuni Hotel Masih Tertimbun Rating: 5 Reviewed By: Liputan Berita