728x90 AdSpace

Agen Poker Indonesia
LiputanBerita. Gambar tema oleh i-bob. Diberdayakan oleh Blogger.
Poker Online Terbaik
Senin, 08 April 2019

Ternyata Dulu Indonesia Merupakan Negara Bersalju Loh, Kok Bisa?


LiputanBerita -  Indonesia seperti yang kalian ketahui merupakan negara yang berada di garis khatulistiwa. Hal itu membuat Indonesia hanya memiliki dua musim saja.

Yakni musim kemarau dan juga musim hujan. Sedangkan salju kita hanya bisa menjumpainya di puncak Pegunungan Jayawijaya, Papua.

Namun siapa sangka sebuah penelitian ternyata menunjukan jika Indonesia dulunya merupakan negara yang diselimuti oleh salju.

Bukan hanya Indonesia saja melainkan pada 500 juta tahun yang lalu bumi yang kita tempati ini merupakan bola salju raksasa. Lalu bagaimana perginya salju-salju tersebut?

Para ahli dalam penelitian ini kmengungkapkan jika gletser bisa mencair karena adanya letusan gunung berapi purba yang sangat dahsyat.

Saat meletus, gunung berapi tidak hanya memuntahkan lava dan lahar, tapi juga mengeluarkan gas vulkanik. Gas vulkanik ini terdiri dari nitrogen, karbon monoksida, karbon dioksida, hidrogen sulfida, dan sulfur dioksida.

Nah, karbon dioksida yang dikeluarkan oleh gunung berapi saat meletus bisa menimbulkan efek rumah kaca.

Efek rumah kaca sendiri merupakan proses di saat permukaan Bumi menjadi panas karena keadaan atmosfernya yang berubah. Banyaknya karbon dioksida yang mencapai atmosfer Bumi membuat planet kita ini menjadi cukup panas.

Akibatnya, wilayah yang berada di khatulistiwa menjadi lebih panas sehingga gletser mencair lebih cepat daripada di kutub.

Sayangnya, sampai sekarang, masih belum ada penelitian yang memberikan jawaban pasti tentang hal ini.

Namun begitu, para ahli geologi masih tetap meneliti fenomena ini. Kalian semua pasti nggak kebayang kan jika Indonesia diselimuti salju?

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Ternyata Dulu Indonesia Merupakan Negara Bersalju Loh, Kok Bisa? Rating: 5 Reviewed By: Agent Momon